Sanggau Ledo_Bengkayang. Selasa (20 Februari 2024) – Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bengkayang turut serta dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis KKMA. Pelatihan ini diadakan sebagai upaya untuk memperbarui dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih relevan dan progresif di tengah dinamika perkembangan pendidikan saat ini.
Acara yang digelar di MAN Bengkayang tersebut dihadiri oleh sejumlah GTK MAN Bengkayang berjumlah 20 orang dan guru dari madrasah lain di Bengkayang sejumlah 20 orang. Peserta sebanyak 40 orang bergabung dalam pelatiham selama 6 hari dimulai tanggal 19 – 24 Februari 2024. Peserta yang bersemangat untuk mempelajari konsep dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis KKMA. Konsep kurikulum ini menekankan pembelajaran yang kolaboratif, kreatif, komunikatif, dan kritis, sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman.
Rif’ah, selaku Kepala MAN Bengkayang, mengungkapkan pentingnya pelatihan ini dalam meningkatkan kompetensi para pendidik dalam menghadapi tantangan pendidikan yang semakin kompleks. “Partisipasi GTK MAN Bengkayang dalam pelatihan ini menandakan komitmen kami dalam menyongsong perubahan positif dalam dunia pendidikan,” katanya.
Selama sesi pelatihan, para peserta diajak untuk mendalami konsep Kurikulum Merdeka Berbasis KKMA, pembelajaran berbasis proyek, penilaian autentik, serta pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Mereka juga berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan memperoleh wawasan baru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bengkayang.
Selvia Wulandari, salah seorang peserta pelatihan, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan untuk mengikuti pelatihan tersebut. “Saya sangat antusias dapat mengikuti pelatihan ini karena saya yakin hal ini akan membantu kami menjadi pendidik yang lebih baik dan dapat memberikan yang terbaik bagi peserta didik kami,” ujarnya.
Dengan semangat yang membara, para GTK MAN Bengkayang siap untuk menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka Berbasis KKMA di lingkungan sekolah mereka. Langkah ini diharapkan dapat menghasilkan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.